Upgrade Processor Laptop

5 Cara Upgrade Processor Laptop Dengan Mudah

Cara upgrade processor laptop – bisa di lakukan. Dalam pc atau laptop yang biasanya kamu gunakan sehari-hari yaitu terdapat perangkat keras yang disebut dengan processor. Perangkat keras ini yang berkerja sebagai otak dari semua aktifitas yang dijalankan di laptop. Nah oleh karena itu banyak orang yang ingin meng upgrade processor nya, hal ini bertujuan untuk mendapatkan performa yang lebih bagus dan lebih mantap.

Mengupgrade processor laptop untuk ke versi yang terbaru mungkin sudah menjadi hal yang wajib untuk dilalukan guna untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan kinerja prangkat.

Upgrade processor juga berfungsi untuk mamastikan agar tidak terjadi nya tumpang tindih dalam penugasan antara komponen yang satu dengan yang lainya.

Nah untuk kamu yang ingin upgrade processor, namun tidak mengerti atau masih bingung. Kamu bisa ikuti cara yang akan kami bagikan untuk anda. Maka simak trus sampai akhir agar nantinya kamu bisa meng upgrade processor laptop dengan mudah.

Cara Upgrade Processor Laptop Dengan Mudah

Mempunyai laptop yang memiliki kinerja yang baik menjadi hal yang paling di harapkan bagi banyak orang. Hal ini pun bisa diwujudkan dengan melakukan berbagai cara yang salah satunya dengan meng upgrade processor laptopnya.

Cara meng upgrade processor laptop bagi pecinta pc mungkin memang mudah, namun bagi orang yang baru mengenal laptop mungkin hal ini cukup sulit untuk dilakukan.

Kebanyakan kasus bagi pemula, biasnya bingung ketika laptop mereka mengalami sebuah kerusakan. Hal ini bisa di sebabkan processor mengalami kerusakan dan mengharuskan untuk diganti, oleh karena itu mereka mencoba berbagai cara untuk menggantinya.

Memang salah satu cara ada yang meminta bantuan kepada tukang servis, namun ada juga yang mencoba untuk membukanya sediri. Padahal cara tersebut malah malah bisa menjadi berbagai masalah lain dalam laptop.

Nah hal tersebut masih bisa kamu jalan kan asalkan kamu mengikuti cara-caranya dengan baik dan benar. oleh karena itu, untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara upgrade Processor Laptop sendiri berikut langkah- langkahnya:

Baca Juga: Cara Upload Foto Instagram Biar Tidak Terpotong Tanpa Aplikasi

1. Memeriksa Socket Processor Laptop

Upgrade Processor Laptop

Mengetahui bahwa komponen pada prangakat laptop tidak semua bisa dilepas. Maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa laptop yang di gunkan kamu memakai processor jenis socket yang dapat dilepas.

Karena, jika kamu menggunkan laptop dengan processor yang sudah terpasang dengan permanen, maka tidak bisa di upgrade. Namun, jika kamu tetap memaksa maka laptop pun bisa mengalami kerusakan.

Untuk mengecek processor laptop menggunakan socket yang dapat dilepas atau tidak yaitu dengan cara membongkar casing laptop. lalu, melepas heatsink laptop.

Ada juga dengan cara menginstal aplikasi CPU-z, maka semua komponen dapat dilihat dengan jelas. Cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah, Akan tetapi, jika terjadi kendala seperti lemot atau kerusakan pada laptop maka kamu perlu bersabar.

2.Siapkan Processor pengganti yang sesuai

Langkah berikutnya setelah kamu memeriksa processor laptop yang di gunakan yang harus kamu lakukan adalah siapkan processor pengganti yang sesuai dengan socket laptop.

Bagi kamu yang kebingungan untuk membeli processor, maka kami sarankan untuk membelinya di toko komputer yang sudah terpercaya. Pastikan processor yang akan digunakan dalam keadaan baik.

3.Menggunakan Update Bios

Untuk mengerti tentang Processor, kamu perlu megupdate bios. walau pun cara ini mungkin tidak wajib untuk di gunkan, namun hal ini bisa membantu kinerja laptop agar bisa lebih optimal. karena bios menyimpan tentang informasi perangkat keras yang tersambung pada motherboard.

Oleh sebab itu Bios sebaiknya di update terlebih dahulu sebelum ubdate processor laptop. Mengingat, perubahan pada spesifikasi prangkat termasuk processor tentu saja itu akan menyebabkan perangkat baru yang terpasang tidak terdeteksi oleh bios. Jika prangkat terdeteksi itu artinya laptop tidak akan bekerja optimal setelah di update.

4.gunakan juga pasta processor

Langkah selanjutnya yaitu siapkan pasta processor. Komponen ini berguna untuk memaksimalkan putaran panas processor dengan kipas.

5. Masukan processor pengganti

Langkan terakhir yaitu masukan procesor pengganti ke dalam processor pada motherboard. Perlu kami ingatkan lagi bahwa processor pengganti mesti sesuai dengan socket yang digunakan.

Jika sudah sesuai kamu hanya perlu memasangkan saja dengan benar.

Dimana pada posisi tanda segitiga pada sudut processor harus searah dengan posisi segitiga pada sudut socket. Lalu, kemudian pada setiap kaki processor masukan ke setiap masing-masing lubang socket processor.

 

Baca Juga:Cara investasi saham bagi pemula

Sekian artikel saya kali ini tentang 5 Cara Upgrade Processor Laptop Dengan Mudah, akan tetapi, langkah-langkah di atas harus dilakukan dengan secara ber hati-hati agar terhindar dari resiko seperti kerusakan prangkat. Namun jika anda masih bingung juga alangkah baiknya menggunakan jasa servis atau batuan dari orang yang berpengalaman di bidangnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *